Bikin SIM Di Satpas Daan Mogot, Wanita Dapat Layanan Khusus

· News
Penulis
nbj Maraknya aksi pelacehan seksual terhadap wanita di tempat-tempat pelayanan publik, terutama ketika terjadi antrian panjang yang berdesak-desakan menjadi perhatian khusus Satpas SIM Daan Mogot. Sebab, di Satpas SIM juga berpotensi terjadinya penumpukan antrian ketika masuk tahap foto dalam proses pembuatan SIM.

Menyikapi hal ini, Satpas SIM Daan Mogot pun langsung mengambil tindakan konkret, yakni dengan membuat ruang pelayanan khusus bagi wanita. Artinya, para pemohon SIM wanita yang hendak melakukan proses foto, mendapat layanan sendiri tanpa harus ikut antrian dengan pemohon SIM pria.

Dan hebatnya, layanan khusus berperspektif gender yang memberi kemudahan bagi kaum wanita ini dalam mengurus pembuatan SIM diberlakukan atau dibuka setiap hari. “Tidak perlu lagi berdesak-desakan dengan kaum pria,” ujar Kasi SIM Daan Mogot Kompol M Arsal Sahban, SH, SIK, MM, MH saat dihubungi  tmc via telephone, Kamis (22/03/2012).

Menurut Arsal, gagasan ini berangkat dari maraknya pelecehen seksual di tempat-tempat pelayanan publik ketika terjadi antrian. Selain itu, di Jakarta, kaum hawa tidak lagi berkutat di sektor rumah tangga, namun juga aktif di kegiatan ekonomi, entah itu bekerja, maupun keperluan ke pasar dan mengantar anak ke sekolah.

Berawal dari hal tersebutlah ide ini mendapat dukungan penuh dari Dir Lantas PMJ Kombes Drs Dwi Sigit Nurmantyas, SH, M.Hum dan kasubdit Regident AKBP Latif Usman, SIK, M.Hum. “Demi keselamatan bersama di jalan, perlu ada layanan khusus bagi kaum wanita untuk membuat SIM. Selain itu, kaum ibu diharapkan menjadi teladan taat dan tertib lalulintas di dalam keluarga,” terang Arsal.

Namun, meski memberikan kenyamanan lebih kepada kaum perempuan, layanan khusus tersebut bukan berarti memberi excuse terkait sejumlah persyaratan untuk mendapatkan SIM. Ini juga tidak untuk mem-bypass prosedur. “Ujian teori maupun praktek, misalnya, tetap dengan standar sama dengan pemohon pria, tidak ada diskriminasi,” tegas Arsal.

Selain ruang khusus wanita saat antrian foto, Satpas SIM Daan Mogot juga menyediakan ruang khusus untuk ibu menyusui ataupun ibu hamil. Hal ini diperuntukan untuk memberikan privasi dan kenyamanan bagi pemohon SIM, terutama yang tengah menyusui anaknya. Selain itu, ruangan ini juga memberikan kenyamanan bagi si bayi atau juga ibu-ibu yang tengah hamil. (Danar/TMC)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: