Amankan Jelang Pemilu DKI, Polda Metro Gelar Operasi Simpatik 2012

· News
Penulis
erwDalam rangka mengamankan situasi kondusif menjelang pemilihan umum kepala daerah DKI Jakarta, Kepolisian Daerah Metro Jaya Raya akan menggelar Operasi Simpatik. Operasi ini akan dimulai sejak 26 Maret hingga 15 April 2012.

Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Drs Dwi Sigit Nurmantyas, SH, M.Hum, mengatakan selain menciptakan kondisi aman di saat pemilihan Gubernur, Operasi ini juga bertautan dalam meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan di Ibukota.

“Operasi simpatik ini diharapkan menciptakan kondisi kondusif menjelang Pemilihan Gubernur. ini juga untuk merespon keinginan masyarakat, untuk menertibkan jalur trotoar,” ujar Kombes Dwi Sigit saat memimpin rapat koordinasi dengan para stake holder dalam kesiapan Operasi Simpatik Jaya 2012,Selasa (20/03/2012) di gedung Biro Operasi Polda Metro Jaya.

Lanjut Kombes Sigit, agar pelaksanaan operasi simpatik ini lebih efektif dan tepat sasaran, jajarannya akan melibatkan komponen masyarakat, seperti komunitas sapu bersih (Saber) Ranjau Paku untuk terjun bersama –sama membersihkan ranjau paku di lokasi–lokasi rawan. “Operasi ranjau paku juga ditingkatkan,” ujar Kombes Dwi Sigit.

Tidak hanya itu, fokus lain dari Operasi Simpatik 2012 ini adalah optimalisasi sterilisasi jalur Busway, dimana Polda nantinya akan melibatkan unsur TNI  dari Polisi Militer Angkatan Darat dan Udara. Adapun dalam pelaksanaannya, petugas akan mengedepankan kebijakan teguran simpatik kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. “Mengurangi tindakan represif,” terangnya.

Masih menurut Kombes Sigit, Sasaran komprehensif dari operasi simpatik ini adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas bagi masyarakat. “Masyarakat semakin tertib, mentaati peraturan, mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan,” pungkasnya.

Operasi simpatik ini akan digelar seluruh Polres yang berada di wilayah kerja Polda Metro Jaya, kecuali kepulauan seribu. Jumlah kekuatan pasukan yang terlibat sekitar 2.896 personil. (Brig.Erwan/Danar/TMC).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: