Manajemen Proyek Sistem

· Kampus
Penulis

1. Jelaskan Yang Anda Ketahui :

  • Proyek adalah Kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu organisasi tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai sasaran tertentu.
  • Sistem Informasi memiliki pengertian suatu sistem yang memiliki fungsi menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan pihak user.
  • Proyek sistem informasi mencakup sebagian atau keseluruhan dari rangkaian aktivitas rekayasa pembangunan sistem informasi.
  • Data Kuantitatif adalah pengolahan data dengan kaidah-kaidah matematik terhadap data angka atau numeric.
  • Fungsi Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.  Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Proses manajemen adalah daur beberapa gugusan kegiatan dasar yang berhubungan secara integral, yang dilakukan secara perencanaan proses perorganisasian, proses pelaksanaan dan proses pengendalian, dalam rangka mencapai sesuatu tujuan secara ekonomis.
  • Manajemen proyek adalah suatu aktivitas penerapan pengetahuan, keahlian, metodologi dan teknik memanfaatkan sumberdaya untuk mengelola sebuah proyek untuk memenuhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible).
  • Produk adalah sesuatu yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. memasarkan produk usaha memerlukan strategi khusus agar produk tersebut bisa diterima dan laku di masyarakat.
  • Kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu.
  • Penjadwalan adalah perencanaan proyek yang tepat waktu untuk kesusksesan.
  • Schedule hampir sama dengan Penjadwalan, perencanaan proyek yang tepat waktu.
  • Forward Scheduling adalah pendekatan penjadwalan proyek yang menentukan proyek start (awal proyek) terlebih dahulu dan menjadwalkan maju setelah tanggal tersebut.
  • Tujuan Penjadwalan adalahPeningkatan kualitas perencanaan dan pengendalian dalam menghadapi sejumlah kegiatan dan kompleksitas pekerjaan proyek.
  • Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.
  • Reverse scheduling merupakan strategi penjadwalan proyek yang menentukan deadline proyek terlebih dahulu kemudian menjadwalkan mundur dari tanggal tersebut.
  • Program adalah kumpulan instruksi / perintah yang dirangkaian sehingga membentuk suatu proses.
  • Sistem Analis merupakan orang yang berperan dalam mengarahkan pengembangan sistem informasi.
  • Programmer adalah seseorang yang membuat berbagai aplikasi komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan dengan tujuan mempermudah/mendigitalkan tugas client. Jadi intinya sebenernya, programmer adalah orang yang membuat program komputer.
  • Sistem Menurut Gordon B. Davis: Sistem adalah seperangkat unsur-unsur yang terdiri dari manusia, alat, konsep dan prosedur yang dihimpun menjadi satu untuk maksud dan tujuan bersama.
  • Organisasi : Suatu sistem perilaku orang-orang yang saling berinteraksi dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas.
  • Manajemen proyek sistem informasi
  • Stakeholder merupakan individu, sekelompok manusia, komunitas atau masyarakat baik secara keseluruhan maupun secara parsial yang memiliki hubungan serta kepentingan terhadap perusahaan.
  • (PMBOK) atau Project Management Body of Knowledge adalah suatu buku yang memuat himpunan istilah dan pedoman untuk manajemen proyek yang diterbitkan oleh Project Management Institute (PMI).
  • Manajer proyek adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab terbesar atas pelaksanaan proyek.

2.  Project Management yang efektif dipengaruhi oleh 4 faktor, jelaskan dan berikan contohnya!

  • Manusia, manusia sangat berperan penting dalam suksesnya manajemen proyek. Pentingnya faktor manusia dinyatakan dalam model kematangan kemampuan manajement manusia
    Contoh: meningkatkan kesiapan organisasi perangkat lunak (sistem informasi) dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan kegiatan menerima, memilih, kinerja manajemen, pelatihan, kompensasi, pengembangan karier, organisasi dan rancangan kerja serta pengembangan tim.
  • Produk adalah sesuatu yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. memasarkan produk usaha memerlukan strategi khusus agar produk tersebut bisa diterima dan laku di masyarakat.
    Contoh: meningkatkan kualitas, produksi, dan harga yang terjangkau untuk konsumen.
  • Proses adalah untuk merealisasikan agar komponen tujuan proyek dapat tercapai maka pelaksanaan proyek membutuhkan tahapan-tahapan yang terintegrasi. Contoh:
    •  Project Initiation (Inisiasi proyek): Menjelaskan tentang latar belakang yang memicu dilaksanakan sebuah proyek, mendefinisikan sasaran, tujuan dan faktor-faktor kesuksesan dari proyek.
    • Project Planning (perencanaan awal proyek): Segala sesuatu yang diperlukan untuk merencanakan (setting) proyek sebelum rangkaian pekerjaan dimulai.
    • Project Executing (Pelaksanaan proyek): Proses mengkoordiknasikan sumberdaya yang ada untuk menjalankan sejumlah pekerjaan di dalam proyek agar menhhasilkan produk sesuai yang ditargetkan.
    • Project Control (Pengendalian proyek) : Proses pengawasan setiap aktivitas proyek untuk memantau agar setiap aktivitas tidak menyimpang dari yang telah direncanakan.
    • Project Closing: proses persetujuan secara formal antara pelaksana dan pemberi proyek bahwa proyek telah selesai dan menghasilkan produk sesuai dengan kesepakatan.
  • Proyek adalah Kegiatan yang melibatkan berbagai sumber daya yang terhimpun dalam suatu organisasi tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai sasaran tertentu.
    Contoh: Proyek memerlukan alat bantu kontrol. Alat bantu seperti  gantt charts atau PERT charts diperlukan dalam sebuah proyek untuk mengukur dan pengendalian.
3. Buat rencana kegiatan Proyek!
4.  Sebutkan fungsi manajemen, jelaskan dan berikan contoh!
  • Planning atau perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.
    Contoh: 
  • Organizing atau pengorganisasian : pengelompokan untuk rencana tersebut.
    Contoh:

    1. Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
    2. Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
    3. Penugasan tanggung jawab tertentu
    4. Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.
  • Staffing atau penyusunan personalia adl penarikan (recruitment) latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.
    Contoh:
  • Leading atau Directing atau fungsi pengarahan adl bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.
    Contoh:
  • Controlling atau pengawasan adl penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.
    Contoh:

5.  Sebutkan bentuk Organisasi, Keuntungan dan Kerugian Organisai, gambarkan, jelaskan dan beri contoh!

  • Organisasi Lini adalah suatu bentuk kekuasaan yang mengalir dari pucuk pimpinan organisasi langsung lurus kepada para pejabat yang memimpin unit-unit dalam organisasi.

Keuntungan:
• Kesatuan pimpinan berada dalam satu tangan
• Pengambilan keputusan cepat
• Garis pimpinan tegas
• Pengendalian secara ketat dapat dilaksanakan

Kelemahan:
• Tidak dapat dibedakan antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan
• Kecenderungan pimpinan diktator
• Organisasi terlalu bergantung pada satu orang
• Kesempatan karyawan berkembang terbatas

  •  Organisasi Lini dan Staf dalam organisasi ini pucuk pimpinan dibantu oleh staf pimpinan ahli dengan tugas sebagai pembantu pucuk pimpinan dalam menjalankan roda organisasi

Keuntungan:
• Pimpinan tetap berada pada satu tangan
• Adanya pembagian tugas yang jelas
• Bakat dapat dikembangkan
Kelemahan:
• Tidak ada perbedaan antara perintah dan bantuan
• Solidaritas karyawan kurang, karena tidak saling mengenal
• Persaingan kurang sehat sering terjadi

  • Organisasi Fungsional bentuk organisasi dalam kegiatannya dibagi dalam fungsi-fungsi yang dipimpin oleh seorang ahli dibidangnya, dengan hubungan kerja lebih bersifat horizontal.

Keuntungan:
• Karyawan dapat terampil di bidang masing-masing
• Efisiensi & produktifitas dapat ditingkatkan
• Solidaritas, moral & disiplin karyawan tinggi
Kelemahan:
• Pekerjaan kadang-kadang sangat bosan
• Karyawan hanya mementingkan bidangnya

4 Komentar

Comments RSS
  1. aidha

    rpnjg bgd yakz….hehe

  2. widiaz

    yg wat besok kamis udahan om..?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: