Menunggu ‘Serunya’ Pilkada DKI

· Ahok
Penulis

Jakarta Ada yang berbeda dari pilkada DKI Jakarta kali ini dibanding kegiatan serupa 5 tahun lalu. Sebab bakal calon dari jalur independen turut ‘urun suara’. Tidak hanya sepasang, tetapi dua pasang. Jika bakal calon ini benar-benar melaju, patut ditunggu ‘serunya’ pilkada DKI yang akan dihelat 11 Juli mendatang ini.

“Ini pasti lebih ramai karena di pilkada yang dulu tidak ada calon independen. Semoga calon-calon independen ini bisa benar-benar maju sehingga menjadi babak baru bagi Jakarta untuk keluar dari kerumitan dan kejenuhan,” kata pengamat politik Arie Sudjito dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (16/3/2012).

Dengan semakin banyak calon yang maju, ujar Arie, maka pilkada DKI akan semakin meriah dan kompetitif. Masyarakat DKI memiliki banyak pilihan. Dia pun berharap terjadi persaingan yang sehat di antara para calon.

“Taruhannya KPU. Maka itu KPU harus independen dengan pendekatan fair play. KPU harus realistis dengan tidak sekadar menyelenggarakan pemilu,” papar akademisi UGM ini.

Hal senada disampaikan pengamat politik dari UI, Andrinof Chaniago. Munculnya calon independen yang terbebas dari kepentingan partai sangat layak ditunggu. Bahkan bila calon independen benar-benar maju, mereka berpeluang mengalahkan incumbent.

“Ada peluang untuk dikalahkan. Yang nggak suka incumbent juga besar,” kata Andrinof.

Jika nama Fauzi banyak nangkring di posisi teratas survei popularitas calon, hal itu menurut Andrinof karena yang disebar dalam survei ada banyak nama. “Kalau diciutkan namanya saya kira tidak terlalu besar, jadi calon lain akan ada peluang,” imbuh Andrinof.

Dua pasang bakal calon yang sudah mendaftar ke KPU DKI yakni Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Soepandji-A Riza Patria. KPU memberi waktu kepada pasangan ini untuk melengkapi persyaratan yang kurang hingga 9 April mendatang. Calon lainnya yang bersiap mendaftar ke KPU adalah Alex Noerdin-Nono Sampono.

Sumber: Detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: